Sejarah

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan berdiri pada tanggal 21 Januari 2019 dengan Surat Keputusan Rektor No 620/KEP/III.3.AU/F/2019. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan merupakan salah satu Fakultas di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan adalah pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Lamongan sebelum berubah bentuk menjadi Universitas Muhammadiyah Lamongan pada tanggal 12 Oktober 2018 berdasarkan SK MENRISTEK DIKTI No. 880/KPT/I/2018. 

Universitas Muhammadiyah Lamongan yang semula Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Muhammadiyah Lamongan berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Tehnologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 880/KPT/I/2018  telah mendapatkan izin penyatuan dan perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Lamongan dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Paciran Lamongan Menjadi Universitas Muhammadiyah Lamongan di Kabupaten Lamongan yang diselenggarakan oleh Persyarikatan Muhammadiyah sebagai kelanjutan pendidikan merupakan tempat pendidikan yang mengemban misi penyelenggaran pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi merupakan kebutuhan bagi setiap individu yang mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, perkembangan taraf sosial dan budaya di masyarakat yang semakin maju. Kemampuan masyarakat di segala bidang termasuk bidang pendidikan berimplikasi kepada semakin tingginya tuntutan terhadap upaya pelayanan yang berorientasi kualitas dan profesionalisme. 

Menyadari adanya dinamika dalam kehidupan dan seiring dengan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas dan profesional maka dibutuhkan adanya tenaga pelayanan pendidikan yang cakap dan terampil agar mampu menghadapi tantangan dan peluang di bidang pelayanan kesehatan tersebut. 

Dengan komitmen yang sangat kuat Universitas Muhammadiyah Lamongan mulai menunjukan eksistensi sebagai salah satu perguruan tinggi yang berkembangan dan tumbuh pesat. Sebagai salah satu perguruan tinggi yang mempunyai visi berkelanjutan Muhammadiyah Lamongan memiliki Jurusan/Program Studi di bidang Kesehatan Meliputi Keperawatan (S1) Farmasi (S1) Administrasi Rumah Sakit (S1) Kebidanan (D3) Farmasi (D3) Fisioterapi (D3) yang berupaya turut serta mewujudkan cita-cita bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Penyelenggaraan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Lamongan berpedoman pada undang-unadng No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan peraturan perundang-unadang lain yang berlaku. 

Tabel 1.1 : Nama Program Studi di Fakultas Ilmu Kesehatan


Program Studi
Keperawatan (S1)
Profesi Ners 
Farmasi (S1)
Administrasi Rumah Sakit (S1)
Kebidanan (D3)
Farmasi (D3)
Fisioterapi (D3)

Program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan  adalah suatu pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang professional. Proses pendidikan ini dilaksanakan melalui dua tahap yaitu tahap akademik dan tahap profesi bagi program studi yang menyelenggarakan profesi.

Program Pendidikan akademik merupakan proses belajar mengajar yang dilaksanakan dikelas yang akan dipersiapkan dalam pengalaman nyata untuk mencapai kemampuan ketrampilan professional: Intelektual, interpersonal, spiritual  dan tehnikal dalam melaksanakan asuhan kepada klien. Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), maka kurikulum program Akademik dan Profesi harus menjamin lulusannya memiliki kualifikasi yang setara dengan kualifikasi yang disepakati dalam KKNI yang dinyatakan dalam learning outcome (capaian pembelajaran).